6 Cara Merawat Rangka Motor agar Tidak Keropos

by admin admin
Cara Merawat Rangka Motor

Rangka sepeda motor dibuat dari bahan besi dan aluminium yang kokoh sehingga tidak mudah rusak atau patah. Namun cara merawat rangka motor juga memberikan pengaruh besar terhadap ketahanannya. Perawatan yang salah dapat membuat rangka motor mudah keropos.

Keroposnya rangka motor sangat berbahaya bagi pengendara, pasalnya kecelakaan karena rangka yang patah bisa terjadi. Motor yang Anda gunakan pun tidak dapat bertahan lama. Menghindari keropos Anda sebaiknya merawat dengan cara yang tepat.

6 Cara Merawat Rangka Motor agar Bebas Korosi

Penyebab rangka motor keropos adalah karena reaksi antara logam dengan udara dan air. Jadi banjir, genangan air, udara lembab yang mengenai rangka motor bisa jadi penyebab utamanya.

Oleh karena itu, demi menghindari kerusakan akibat kelembaban atau air Anda bisa melakukan beberapa perawatan berikut:

1.     Rutin Mencuci Motor

Cara merawat rangka motor pertama adalah rutin mencuci motor. Demi rangka bebas dari air banjir atau kotoran seperti lumpur Anda bisa rutin mencuci atau membersihkannya. Jadwalkan mencuci motor setidaknya seminggu sekali saat hujan atau satu bulan sekali ketika musim kemarau. Pastikan usai mencuci motor seluruh bagiannya harus dikeringkan dengan benar.

2.     Melumasi Area Rangka

Mencuci saja tidak cukup, Anda juga harus melumasi area rangka yang membutuhkan minyak. Misalnya saja poros roda, engsel atau sambungan body lainnya. Area ini membutuhkan pelumas agar gesekan yang terjadi tidak aus dan menimbulkan karat. Meminyakinya bisa dilakukan sebelum mencuci motor.

3.     Menghindari Beban Berlebih

Cara merawat rangka motor yang tidak kalah penting adalah mengerti berapa kapasitas beban yang bisa diangkut. Anda sebaiknya memastikan kendaraan tidak mengangkut lebih dari beban yang sudah diperhitungkan. Beban berlebih akan menimbulkan tekanan pada rangka, membuatnya cepat aus, berkarat dan patah. Jadi sebelum menggunakan motor alangkah lebih baik anda mengetahui beban yang akan ditanggung oleh motor. Gunakan hanya untuk membawa orang satu sampai dua orang saja misalnya.

4.     Memperhitungkan Penambahan Aksesoris

Cara merawat rangka motor berikutnya adalah menghitungkan penambahan aksesoris. Modifikasi pada motor boleh-boleh saja, namun Anda harus memperhatikan pemasangannya. Tekanan berlebih akibat aksesoris masih kerap terjadi sehingga kinerja bahkan body motor mudah berkarat. Baik itu penambahan rak, lampu dan lainnya atau pun aksesoris lainnya. Jadi tetap perhitungkan sebelum menambahkan aksesoris tersebut jangan sampai merusak desain aslinya apalagi sampai merusak rangka motor. Atau juga membuat kondisi motor tidak nyaman dan aman untuk digunakan serta merusak rangka asli motor.

5.     Mengecek Sendi Rangka

Cara merawat motor agar tidak berkarat selanjutnya adalah dengan mengecek sendi rangka. Mulai bagian pencekram fork atau sisi depan rangka motor. Bagian ini paling mudah berkarat tanpa disadari, jika mengecek dengan membongkarnya Anda bisa mendeteksi karat lebih dini. Jika kotor tinggal langsung dibersihkan saja. Atau agar anda merasa lebih aman, maka lakukan pengecekan ke bengkel saja. Pihak bengkel lebih tahu cara mengecek dan memperbaikinya jika ada masalah atau terjadi karat pada rangka motor anda. Rutin melakukan pengecekan ke bengkel juga menjadi salah satu solusi untuk menghindari rangka motor bermasalah.

6.     Manfaatkan Cairan Penghilang Karat

Cara merawat rangka motor selanjutnya adalah memanfaatkan cairan penghilang karat. Anda menemukan karat di bagian pencekram fork? Cara memperbaiki rangka sepeda motor adalah dengan cairan khusus penghilang karat. Cairan ini dapat digunakan jika karat belum meluas, Anda sebaiknya melakukannya di bengkel dengan teknisi ahli. Cairan ini juga berfungsi sebagai pelindung agar karat tidak muncul. Jangan menggunakan cairan penghilang karat sembarang atau membelinya di sembarang tempat tanpa mengetahui kualitasnya.

Cara merawat rangka motor tidaklah sulit, selama Anda menjaga kebersihan motor dan sering mengecek maka karat bisa dideteksi sejak dini. Penggunaan motor yang benar juga dapat menjaga body tetap bekerja baik. Selain itu juga ketahui tips membeli motor atau ketahui juga bagian motor yang wajib dicek ketika diservis. Hal ini akan membuat rangka motor anda semakin awet.

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230925141631-600-1003417/cara-menjaga-rangka-sepeda-motor-tak-korosi-dan-patah

https://www.liputan6.com/hot/read/5379002/cara-merawat-rangka-motor-agar-berumur-panjang-ketahui-juga-prosedur-mengganti-rangka-baru

https://www.top1.co.id/berita/detail/6-Cara-Mudah-Mencegah-dan-Menghilangkan-Karat-di-Rangka-Motor

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/tips-menjaga-rangka-sepeda-motor-agar-tidak-mudah-patah?pages=all

You may also like

Leave a Comment