Daftar Isi
Kondisi motor yang prima sangat berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan pengendara. Setelah pemakaian sekitar 5 tahun biasanya beberapa sparepart motor mengalami penurunan fungsi sehingga perlu menggantinya.
Bagi yang terbiasa mengendarai motor, jika ada komponen yang mulai aus akan dapat membedakannya. Namun untuk memastikannya sebaiknya Anda melakukan pengecekan secara berkala ke bengkel terpercaya.
Sparepart Motor yang Harus Diganti Setelah 5 Tahun
Kekuatan dari masing-masing sparepart motor mempunyai ketahanan yang berbeda-beda. Intensitas pemakaian dan medan yang ditempuh pun berpengaruh terhadap ketahanan dari sparepart tersebut. Berikut bagian motor yang perlu ganti setelah Anda memakai kendaraan selama 5 tahun.
1. Shockbreaker
Bagian dari kendaraan ini penting untuk keamanan dan kenyamanan, fungsinya untuk menahan hentakan ketika kendaraan menempuh jalan yang terjal. Shockbreaker akan mudah rusak jika kendaraan sering melewati jalan bebatuan.
Resiko apabila sparepart ini tidak berfungsi dengan baik kendaraan akan mudah oleng, terutama saat menerjang jalan berlubang.
2. Ban
Sparepart motor berikutnya adalah ban. Untuk kenyamanan dan keamanan Anda perlu memperhatikan tekanan udara dan batikan dari ban. Ban yang sudah gundul tidak akan bisa mencengkeram tanah atau jalan dengan sempurna sehingga motor mudah tergelincir.
Setelah pemakaian selama lima tahun, biasanya batikan pada ban sudah tidak berfungsi dengan baik, bahkan banyak yang harus sudah ganti meski baru beberapa tahun penggunaan. Karena itu pastikan mengecek batikan ban tersebut.
Tidak jarang batikan hanya gundul pada satu sisi. Kondisi ini cukup berbahaya karena kendaraan bisa oleh, terutama saat melintasi jalan yang licin. Maka dari itu jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan mana saja bagian motor yang harus dicek saat service motor. Salah satunya adalah bagian ban ini, karena berkaitan erat juga dengan keselamatan selama berkendara.
3. Aki
Aki berfungsi sebagai sumber listrik yang penting dalam menjalan mesin, sein dan lampu. Karen itu harus dipastikan bagian ini dalam kondisi baik. Kondisi aki yang sudah rusak akan menyebabkan lampu tidak bisa menyala dengan terang.
Kerusakan pada aki juga menyebabkan menurunnya performa pompa bahan bakar. Ini dapat berakibat rusaknya pompa bahan bakar dan bisa menyebabkan kendaraan tidak bisa berjalan.
4. Kampas rem
Kampas rem merupakan bagian yang penting untuk keamanan dalam berkendara. Kampas ini yang menekan dan menahan kendaraan pada saat anda menginjak atau menarik rem.
Jika sudah aus atau tipis, maka kendaraan tidak akan bisa berhenti saat darurat yang bisa berakibat fatal. Komponen ini sangat penting saat motor akan berhenti atau belok.
Harga kampas rem cukup murah. proses penggantiannya pun mudah. karena itu demi keamanan berkendara, setelah dirasa bagian ini tidak pakem karena menipis, harus segera menggantinya.
5. Rantai
Rantai terdiri dari beberapa mata rantai yang dikaitkan dan dipasang pada gigi gear bagian depan dan belakang. Fungsi rantai menarik gear agar berputar sehingga kendaraan dapat berjalan.
Setelah pemakaian beberapa waktu, rantai akan mengalami aus atau kering. Untuk mengantisipasinya bisa dengan mengoleskan oli pada semua bagian. Rantai yang sudah lama digunakan akan kendor sehingga kemampuannya dalam menarik gear berkurang.
Karena kendor, rantai mudah terlepas dari gigi geer yang dapat membahayakan keselamatan pengendara. Untuk mengantisipasi hal ini bisa dengan mengencangkan rangkaian. Selain itu jika rantai sudah sangat aus atau rusak, maka harus segera menggantinya. Biasanya rantai akan kendur setelah menempuh jarak sekitar 20 ribu km.
Dengan perawatan yang tepat dan pengecekan berkala, sparepart motor bisa lebih awet. Jika ada bagian yang sudah rusak, sebaiknya harus segera menggantinya sebab jika dibiarkan bisa menyebabkan bagian lain ikut rusak. Pengetahuan tentang sparepart motor yang harus diganti setelah 5 tahun sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.
Sumber:
https://review.bukalapak.com/auto/perawatan-motor-setelah-5-tahun-113869
https://www.wahanahonda.com/blog/komponen-motor-yang-harus-diganti-secara-berkala
17 comments
jadi inget kan, kalau motorku udah lima tahun lebih sejak beli dan ada beberapa sparepart yang harus diganti nih, buru-buru cek ah besok
ini penting banget ganti beberapa sparepart motor di atas secara berkala, tentunya agar motor tetap aman dan nyaman saat dikendarai
Benar sekali. Secara berkala sparepart motor harus dicek, jika perlu juga diganti. Motor saya sudah puluhan tahun, bersyukur masih tangguh, berkat perawatan rutin dan berkala.
Punya motor jangan dipake aja tapi juga dirawat ya. Termasuk ganti onderdil. Apalagi kalo kerjaan on the road seperti ojek online, belum 5 tahun udah kudu ganti shockbreaker, ban, dll. Perlu perawatan rutin yg serius
5 sparepart di atas emmang harus diperhatikan. Jadi kalau saya, walau sebelum 5 tahun, tapi kalau sudah harus diganti, ya diganti saja. Dan kalau khusus motor matcic itu diganti belt-nya yang fungsinya sama kayak rantai. Karena pergantian sparepart ini sesuai dengan pemakaian juga.
Servis motor ini memang kudu terjadwal ya kak, apalagi perintilan sparepart ini yang harus dipahami biar tahu apa saja yang harus diganti atau kerusakan yang terjadi di mana, sehingga terjaga performa mesin motor.
Kalo untuk rantai aku malah jarang banget, kecuali rantai putus. Cuma untuk urusan ganti-ganti sparepart mending sekalian kalo pas service.
Motor memang mesti dirawat bener-bener supaya kita juga lebih aman dan nyaman ketika berkendara. Apalagi kalau jam pemakaiannya tinggi.
Baru-baru ini Mami berantem sama Papi, gara-garanya ban belakang udah tipis tapi si Papi gak mau ganti. Akhirnya jadi kempes dan bahaya banget itu 🙁
Kadang malah ga sampe 5 tahun bs gantti siih kalo sering dipake mengaspal. Terutama aki dan ban. Kalo sering dipake bonceng, ya shockbreaker tuh. Intinya setiap sparepart kendaraan emg wajib rutin dicek. Biar kalo udh ga sesuai standar, ya hrs diganti.
Alhamdulillah, motor saya yang usianya belum ada 5 tahun udah ganti ban dan aki. Nah, yang lainnya nunggu 5 tahun aja berarti ya. Karena belum ada yang rusak.
Kalo ban kayaknya ga sampe 5 tahun sih eh apa sampe ya? wkkwkw gini nih kalo lupa kapan terakhir kali ganti ban. Tapi keknya bener sih jangka waktunya tergantung jarak pemakaian juga
5 tahun kelamaan gak sih? Xixi.. tapi mungkin tergantung pemakaian ya, kalo bisa diganti lebih cpt, karena memang dari segi kenyamanan udah gak banget, mending ganti.
Ban motor ini memang kudu banget mendapatkan perhatian. Karena lokasinya paling bawah, suka gak keperhatian dan kalo ciwi yang make, pokonya selama ga bocor, jadi ngerasa aman aman aja.
Ternyata batikan bannya bisa ada di salah satu sisi aja yang gundul gitu yaa..
Ban motor kalau gak dapat perhatian bisa bikin celaka suatu waktu dan kadang sering disepelekan orang, sama kayak rantai atau kampas rem yaa..
tiap bulan emang motor perlu di servis biar kinclong lagi
Memang harus rutin ya ternyata penggantian sparepart gini, biar lebih awet jg..
Pernah melihat ada ban yang bentukannya sudah botak licin gitu, gak kebayang safetynya kayak gimana tuh. Ngeri jatuh tergelincir dan terjadi kecelakaan. Memang kelima benda diatas tuh sebaiknya diganti secara berkala aja, jangan tunggu sampai rusak dulu. Kalau sudah waktunya ganti, jangan ditunda.