Daftar Isi
Fungsi Assessment. Bagi karyawan yang bekerja tentunya menginginkan untuk mempunyai karir yang cemerlang. Sehingga mempunyai ambisi untuk bisa naik jabatan ketika sudah bekerja di kantor untuk waktu tertentu. Untuk bisa mendapatkan karir yang baik dengan naik jabatan tentunya tidak mudah. Hal tersebut bisa dibantu dengan mengikuti penilaian atau assessment yang salah satu fungsi assessmentyang bisa didapatkan adalah membantu untuk jenjang karir lebih tinggi.
Karyawan bisa mengikuti assessment yang memberikan banyak manfaat yang bisa didapatkan, sehingga disesuaikan dengan kondisi dan juga kebutuhan. Selain karyawan, banyak orang juga bisa untuk mengambil penilaian yang akan membantu untuk memilihkan jenjang karir yang tepat untuk bisa bekerja di bidang tepat. Dari hasil penilaian biasanya digunakan oleh HR untuk menempatkan calon karyawan di tempat yang tepat agar bisa memberikan kinerja yang dipunyai mengikuti potensi dan bakat yang dipunyai.
Oleh karena itulah bagi yang ingin melamar kerja juga penting untuk bisa mengikuti assessment yang bisa didapatkan di banyak tempat baik offline maupun lembaga online yang memberikan penilaian dengan mudah dan hasil yang didapatkan dengan cepat untuk membantu masa depan Anda memilih karir yang tepat. Sedangkan untuk karyawan, fungsi assessmentyang didapatkan dapat untuk membantu mengejar ambisi yang Anda punyai untuk mempunyai karir yang lebih baik.
Manfaat Fungsi Assessment Untuk Kenaikan Jabatan
Dengan mengikuti penilaian akan membantu untuk bisa naik jabatan sehingga mempunyai penghasilan yang lebih tinggi serta juga tanggung jawab yang akan lebih berat. Assessment tersebut dapat membantu untuk jenjang karir bisa naik jabatan dengan manfaat yang diberikannya, sebagai berikut.
1. Mengenali Potensi Diri
Fungsi assessment pertama adalah mengenali potensi diri. Dengan mengikuti penilaian, maka hasil yang didapatkan akan bisa menunjukkan mengenai potensi, bakat, dan juga keunggulan yang dipunyai. Hal ini yang juga membantu untuk memilih karir yang tepat untuk yang akan mendaftar kerja dan juga biasanya digunakan oleh divisi HR untuk menempatkan karyawan.
Dari penilaian yang dilakukan akan bisa mengenali mengenai potensi diri apa saja yang dipunyai. Sehingga hal tersebut menjadi acuan untuk dapat dikembangkan agar membantu untuk mempunyai kinerja yang lebih baik. Potensi yang dipunyai juga lebih baik diasah dan juga dikembangkan, sehingga akan memberikan hasil yang terbaik.
2. Mengenali Kekurangan
Selain potensi dan bakat yang dipunyai, dari hasil melakukan assessment juga sepaket akan mengetahui kekurangan atau kelemahan yang dipunyai. Kelemahan tersebut bisa menjadi pertimbangan penting yang akan mempengaruhi karir yang dipunyai. Sehingga usahakan untuk bisa membuat kelemahan yang dipunyai dapat untuk diatasi atau diminimalisir agar tidak mengganggu hasil kerja yang dipunyai.
Dengan mengenai kelemahan diri dapat menjadi bahan evaluasi yang selain mengembangkan potensi juga perlu untuk menghilangkan kelemahan apabila hal tersebut dimungkinkan. Seperti bagi yang mempunyai kelemahan dalam soft skill maka perlu untuk meningkatkan kemampuan yang perlu untuk dikembangkan tersebut. Itulah fungsi assessment kedua yang sangat bermanfaat untuk naik jabatan.
3. Memilih Pelatihan Yang Tepat
Penilaian yang dilakukan dapat untuk memberikan keuntungan karena bisa menjadi dasar untuk memilih pelatihan yang tepat. Karyawan bisa naik jabatan dan mempunyai karir yang lebih baik apabila mempunyai pengetahuan, kemampuan, dan juga pengalaman yang lebih dibandingkan lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan yang dipunyai untuk membuat kinerja menjadi lebih optimal dan produktif, maka bisa untuk memilih pelatihan yang tepat.
Dari hasil assessment yang mengenai potensi dan kelemahan, maka akan dijadikan sebagai dasar untuk membuat keputusan ketika mengambil pelatihan yang tepat. Sehingga dengan mengikuti assessment akan membantu untuk mencapai ambisi karir yang dipunyai dengan memilih pelatihan yang tepat. Naik jabatan merupakan hal yang diincar oleh banyak orang, tetapi tidak semua bisa mendapatkannya.
Ikuti penilaian yang memberikan fungsi assessment untuk bisa memaksimalkan potensi yang dipunyai, sehingga akan membantu untuk mempunyai karir yang lebih cemerlang di tempat kerja. Penilaian untuk mengenali potensi diri tersebut dapat diikuti di Prasmul-ELI yang memberikan assessment secara online dengan hasil yang cepat bisa didapatkan untuk hasil yang akurat.
Dari hasil tersebut juga bisa digunakan untuk mengikuti program pelatihan bisnis yang ada di Prasmul-ELI dengan kelas yang lengkap. Mengikuti program pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dapat membantu untuk mencapai mimpi karyawan yang ingin naik jabatan.
18 comments
Setelah tau kelebihan dan kekurangan adri hasil assesment ini mempermudah kita banget buat lebih ningkatin potensi diri. Apalagi untuk dunia kerja yang dimana persaingannya lumayan berat juga.
Kemampuan memang seharusnya sesuai dengan jabatan yang dimiliki. Jadi menjalani pelatihan atau aktivitas yang dapat menambah kemampuan sangat perlu. Biar penilaian yang dilakukan sebelum naik jabatan mendapatkan hasil optimal.
Aku kira assessment itu cuma bisa dilakukan kalau diminta perusahaan, lho. Tapi kita bisa ya assessment dengan inisiatif sendiri yang nanti hasilnya bisa support kinerja kita. Menarik, deh.
Kebetulan lagi nyari lembaga assessment yang trusted buat anak-anak di kantor. Btw, ada kontak yang bisa dihubungi nggak kak? Aku tertarik, nih.
Sudah menjadi karyawan bukan berarti berhenti untuk belajar, menambah pengetahuan dan ikut pelatihan
Justru dengan memiliki banyak skill mempunyai peluang besar untuk naik jabatan
Assessment memang sangat diperlukan sebelum seorang karyawan menemoatu sebuah jabatan. Dengan assassment kita bisa menilai kemampuan dan kekurangan seseorang apakah nantinya akan sesuai menduduki sebuah posisi agar dia bisa memberikan hasil terbaik dalam menjalankan jabatan tersebut
Yap. dengan assessment yg kredibel dan terukur, maka semuanya akan baik baik aja ya
ga ada critanya kasih jabatan gegara giveaway atau utang budi politik
Nah ini baru benar! Jadi gak sampai salah orang buat mengisi posisi yang penting. Kalau gak gitu auto amburadul, kayak kondisi sekarang ini *ups
Naik jabatan juga punya tanggung jawab yang besar juga, maka perlu banget assesmen supaya kita makin mengasah kemampuan di bidang yang kita inginkan di jabatan tersebut. Jangan sampai salah memilih assesment yang tepat
Jujur penting banget adanya assesment biar penempatan kerjanya sesuai dengan tupoksi yang dibutuhkan.
langsung suruh suami baca soalnya dia mau minta naik gaji dan jabatan, jadi harus sesuain sama kemampuannya dulu biar value-nya nambah dan worth sama hasilnya..
btw nitip doanya kak supaya suami aku naik gaji beneran tahun ini wkwk
setuju banget, dengan adanya assesment, kenaikan jabatan akan terasa lebih fair untuk semua staf ya karena sudah sesuai dengan kemampuan dan kesiapan individunya
Wah ternyata bisa mandiri ya ikut assessment ini, penting buat yang bekerja and mau cepet naik jabatan, thnx yuu infonyaa
Ini kadang ada perusahaan yg ada, ada yg engga, tapi kebanyakan yang engga sin🤣🤣 #eh biasa berdasarkan feeling dan kedekatan
asessment ternyata bisa buat naik jabatan ya kalo di kantor, bermanfaat banget, makanya ga boleh salah pilih, harus yg kredibel
Baru tau loh aku klo assestment nih bisa inisiatif sendiri ya , keren nih tulisannya jadi nambah lagi ilmu aku thanks ya
Dengan mengikuti program pelatihan bisnis yang ada di Prasmul-ELI, mempersiapkan assesment kenaikan jabatan jadi lebih mudah ya
dalam bekerja, kita memang harus tahu kelebihan dan kekurangan, sehingga kelebihan bisa terus diasah, dan kekurangan bisa terus diperbaiki atau dicegah. Juga ikut pelatihan skill, seperti diPrasmul Eli, akan sangat membantu sekali melambungkan karir.