8 Tips Membeli Motor Listrik Agar Tidak Salah Pilih

by admin admin
Tips Membeli Motor Listrik

Ramah lingkungan membuat sepeda motor listrik terus berkembang dan banyak diminati. Anda yang berencana memilikinya perlu cek dulu tips membeli motor listrik agar tidak kecewa dan rugi. Pasalnya dealer kendaraan baru ini masih belum merata.

Ditambah lagi harganya yang jauh lebih mahal dari kendaraan dengan bahan bakar bensin membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih. Cek tips lengkapnya supaya Anda tidak salah pilih.

5 Tips Membeli Motor Listrik yang Bagus

Tidak hanya ramah lingkungan, saat ini tersedia juga motor listrik subsidi pemerintah. Program ini diadakan demi meningkatkan penggunaan motor listrik di Indonesia. Jadi bagi Anda yang berminat wajib mencari tahu dulu seperti apa cara membeli motor listrik subsidi yang benar.

Di sisi lain Anda juga perlu teliti dalam mengecek soal merek, kekuatan motor sampai dengan kelengkapan surat-suratnya. Memudahkan Anda dalam memilih, Anda bisa ikuti tips membeli motor listrik berikut:

1. Sesuaikan Kapasitas Charging Motor dengan Daya Listrik Rumah

Tips membeli motor listrik pertama adalah menyesuaikan kapasitas charging motor dengan daya listrik di rumah. Ini sangat penting. Tujuannya agar Anda bisa mengisi daya listrik motor di rumah dengan mudah. Sebagai gambaran, untuk membeli motor listrik daya di rumah minimal adalah 900 Watt. Pertimbangkan kembali jika daya listrik anda di rumah di bawah minimal, karena charging motor membutuhkan daya listrik yang besar.

2. Pastikan Jenis Baterai Tahan Lama

Tips membeli motor listrik berikutnya adalah wajib memperhatikan jenis baterai yang tahan lama, agar motor listrik anda awet. Selain itu masa pemakaian baterai juga menjadi tahan lama, sehingga anda tidak perlu bolak balik melakukan charging motor listrik anda.

Saat mencari motor listrik perhatikan jenis baterai yang digunakan. Baterai yang tahan lama dan juga ringan dibutuhkan sehingga motor bergerak dengan nyaman. Biasanya baterai seperti lithium-ion (Li-ion) dan lithium-polymer (Li-pop) pilihan yang baik. Kapasitas kedua baterai ini besar dan memiliki bobot yang ringan.

3. Menyesuaikan Jarak Tempuh, Kecepatan dengan Kebutuhan

Anda yang akan menggunakan motor listrik untuk kebutuhan harian harus menyesuaikan kecepatan dengan kebutuhan. Kecepatan dan jarak tempuh ini juga perlu disesuaikan dengan ketersediaan SPLKU dan battery swap di daerah Anda. Rata-rata kecepatan motor listrik saat ini adalah 100 km per jam.

4. Fitur yang Memenuhi Kebutuhan

Saat ini motor listrik menyediakan berbagai fitur tambahan seperti alarm, koneksi bluetooth, dan lainnya. Saat membeli pastikan Anda mengecek fitur ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan.

5. Meminta Test Ride

Sama halnya motor dengan bensin, cara membeli motor listrik juga memerlukan test ride. Anda bisa meminta jadwal dealer untuk melakukan test ride dan mengetahui kenyamanan motor untuk dikendarai. Anda bisa tahu betul apakah jok nyaman, ketinggian motor sesuai dan kecepatannya sesuai. Dengan begitu anda tidak akan merasa kecewa dengan kendaraan listrik yang anda beli.

7. Perhatikan soal desain

Tips membeli motor listrik lainnya yang wajib anda perhatikan adalah soal desain. Karena soal desain ini juga sangat penting untuk kenyamanan penggunanya.  Pilih desain motor listrik yang sesuai dengan gaya anda dan juga memiliki desain menarik. Terutama bagi anda perempuan, biasanya soal desain ini menjadi hal yang sangat penting seperti kenyamanannya, warna, dan lainnya. Jangan lupa pertimbangkan juga mengenai desainnya yang harus ergonomis sehingga nyaman saat digunakan.

7. Sesuaikan dengan budget

Tips membeli motor listrik berikutnya adalah beli motor listrik sesuai dengan budget yang anda miliki. Saat ini motor listrik dijual dengan harga pasaran mulai dari 30 juta sampai 40 juta rupiah. Jika memang diperlukan, tersedia juga sistem kredit untuk pembelian motor listrik. Namun alangkah lebih baik membeli secara cash jika anda memiliki uang lebih.

8 Perhatikan after sales

Tips membeli motor listrik terakhir adalah perhatikan after sales, pastikan pabrikan sales memiliki reputasi baik after sales dan memiliki banyak cabang khususnya di daerah anda. Sehingga memudahkan anda ketika membutuhkan layanan setelah pembelian. Pastikan juga untuk bertanya terkait garansi dan perlindungan yang didapat selama memiliki motor listrik. Mulai dari jangka waktu perlindungan sampai dengan proses layanan.

Beberapa pabrikan yang dapat menjadi referensi untuk pembelian motor listrik anda seperti GESITS, Volta, Niu, Viar, Selis, dan juga Mercedes-Benz. Pabrikan ini sudah memiliki reputasi yang baik sehingga cukup aman melakukan pembelian di pabrikan tersebut.

Itu dia beberapa tips membeli motor listrik yang wajib anda ketahui. Agar setelah membeli kendaraan listrik ini anda merasa puas dan sesuai dengan yang anda inginkan. Luangkan waktu anda dan lakukan semua tips membeli motor listrik di atas. Nantinya setelah membeli jangan lupa jalankan tips perawatan motor dengan rutin dan benar supaya tahan lama.

Sumber:

https://jalantikus.com/kendaraan-listrik/tips-sebelum-membeli-motor-listrik/

https://ekonomi.republika.co.id/berita/rz1x8k502/bingung-pilih-motor-listrik-ini-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membeli

https://momsmoney.kontan.co.id/news/8-tips-membeli-motor-listrik-yang-perlu-anda-ketahui-agar-tidak-rugi-1

https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/6-tips-membeli-motor-listrik-murah-untuk-pemula

You may also like

Leave a Comment