5 Tips Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

by admin admin
Tips mengajari anak membaca

Tips mengajari anak membaca dengan cepat. Membaca adalah kegiatan menjelajahi dunia tanpa harus pergi ke tempat yang diceritakan di tulisan. Membaca juga merupakan kegiatan yang harus diajarkan dan dibiasakan sejak dini. Usia dimulainya belajar membaca berbeda-beda. Ada yang mengharuskan anak dapat membaca sedini mungkin, ada juga menjalani dengan santai dan berproses pelan-pelan.

Namun alangkah bijaknya bila pihak orang tua dan guru memperhatikan cara mengajari anak membaca tanpa mengeja menjadi kegiatan menyenangkan. Kesenangan merupakan kunci keberhasilan bagi kegiatan belajar membaca yang lebih cepat. Tanpa kesenangan, maka anak akan menjadi seperti robot yang hanya menjalankan perintah tanpa mengikutsertakan perasaannya.

Tidak sedikit anak yang akhirnya tidak suka membaca karena sangat dipaksakan saat awal diperkenalkan kegiatan membaca, perasaan mereka tidak diperhatikan. Jangan sampai hal ini terjadi. Berbagai ilmu dan pengetahuan dapat diketahui melalui kegiatan membaca. Tidak ada orang sukses yang malas membaca. Tidak ada pemimpin hebat yang malas mempelajari berbagai pengetahuan melalui buku.

Proses awal belajar membaca sejak dahulu adalah mengeja, namun seiring banyaknya penelitian, maka saat ini berbagai metode belajar membaca ditemukan dan diperkenalkan agar proses belajar membaca dapat dipersingkat. Nah, sekarang bagaimana cara mengajari anak membaca tanpa mengeja sehingga anak cepat bisa membaca dan prosesnya tidak terlalu lama.

Beberapa Tips Mengajari Anak Membaca Dengan Cepat

Boleh dibilang mengajar membaca susah-susah gampang. Kemampuan anak memang tidak sama, namun secara umum ada teknik belajar membaca lebih cepat. Simak yuk beberapa cara mengajari anak membaca tanpa mengeja berikut yang dapat mendorong anak-anak dapat membaca secara cepat tanpa harus mengeja:

1.     Menyediakan Sarana Visual atau Gambar Yang Menarik

Tips mengajari anak membaca pertama adalah dengan menyediakan sarana visulaatau gambar yang menarik. Perlihatkan pada anak gambar beserta teksnya. Biasanya anak-anak akan cepat tertarik dengan visual yang eye catching yang dapat menyita perhatiannya. Minta anak membaca seperti yang kita contohkan. Lama kelamaan, ia akan hafal kata tersebut sehingga saat menemui kata itu lagi dalam kalimat atau buku, maka ia akan dapat membacanya.

2.     Melalui Permainan

Tips mengajari anak membaca kedua adalah dengan melalui permainan. Bahkan orang dewasa pun senang belajar melalui permainan, apalagi anak-anak. Banyak permainan yang bisa digunakan untuk membantu belajar membaca. Contohnya adalah anak harus memilih satu kertas yang telah dituliskan huruf. Kemudian huruf atau kata tersebut dibunyikan atau dibaca. Setelah berhasil dan anak menguasai, maka orang tua dapat beralih ke permainan dengan level yang lebih tinggi. Lakukan permainan secara perlahan agar anak benar-benar menikmati suasana belajar sehingga mudah bagi anak-anak tersebut untuk menangkap apa yang kita ajarkan.

3.     Belajar Lewat Lagu

Lagu merupakan salah satu teknik cara cepat belajar membaca secara menyenangkan. Perdengarkan lagu untuk mengenalkan kata. Contohnya A.. untuk Apel.. C untuk Cicak. K untuk Kakak. Begitu seterusnya. Dengan lagu, penyerapan kata akan lebih cepat. Karena biasanya dengan lagu anak-anak lebih tertarik sehingga dapat menarik minatnya untuk belajar membaca. Tips mengajari anak membaca dengan belajar lewat lagu dirasa akan lebih disenangi oleh anak-anak. Karena diusianya, anak-anak senang dengan nyanyian.

4.     Pengenalan Bunyi Huruf-Huruf dalam Berbagai Kata

Berikan satu huruf dan berbagai kata yang mengikuti atau dibentuk dari huruf tersebut. Contohnya P.. Paku, payung, pulau, pantai, pekaian, peta, paman, dan seterusnya. Semakin lama, ia akan terbiasa mengenali huruf-huruf tersebut sehingga membuat anak-anak mudah dalam belajar membaca dengan cepat tanpa mengeja. Tips mengajari anak membaca dengan mengenalkan huruf per huruf juga akan menyenangkan buat anak.

5.     Membaca Bersama Anak

Inilah kegiatan yang disukai semua anak, yaitu membaca bersama orang tua. Tentu saja kelekatan dengan orang tua adalah yang utama. Itulah sebabnya kegiatan membaca bersama benar-benar harus dilakukan terutama masa-masa awal anak belajar membaca. Percayalah kenangan indah ini akan membuat anak mencintai kegiatan membaca saat dia beranjak dewasa. Sehingga dapat membantu anak-anak cepat dalam membaca tanpa mengeja.

Demikianlah beberapa tips mengajari anak membaca atau cara agar anak lancar membaca tanpa mengeja. Namun, harus lihat situasi dan kondisi juga, hal terbaik apa yang harus disesuaikan dengan karakteristik sang anak. Semua metode ada plus minus dan faktor kecocokan dengan pribadi anak itu sendiri. Semoga orang tua dan guru dapat lebih bijak memilihkan metode terbaik untuk setiap anak. Setelah anda mengajari anak mebaca, jangan lupa juga anda mengajari anak tentang financial sejak dini.

Referensi:

  1. https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/6-plus/cara-mengajarkan-anak-membaca-mudah
  2. https://www.zenius.net/blog/cara-mengajari-anak-membaca-tanpa-mengeja
  3. https://www.popmama.com/kid/4-5-years-old/sarrah-ulfah/langkah-mudah-mengajarkan-anak-membaca-tanpa-mengeja

You may also like

10 comments

Auliya February 17, 2023 - 5:34 am

Artikel yang menarik, Mba. Seiring berjalannya waktu memang cara belajar dan mengajar turut mengikuti perkembangan zaman. Dulu era kita belajar baca diawali dengan mengeja, sekarang sudah ditemukan cara yang dirasa lebih cepat daripada mengeja. Hanya saja aku jadi kepikiran nih, kalau anak diajarin baca tanpa mengeja, apakah kelak saat anak diminta untuk memisahkan suku kata (spelling dalam bahasa Inggris), anak tetap bisa nggak ya? Menarik nih kalau dibahas hihihi.

Reply
Kennia February 17, 2023 - 4:29 pm

Terima kasih tipsnya mba. Ini bisa untuk anak pas masih paud atau TK ya. Pas anak. Udah SD sepertinya sudah terlewat dengan cara ini anakku udah nggak mempan.

Reply
Kennia February 17, 2023 - 4:30 pm

Terima kasih tipsnya mba. Ini bisa untuk anak pas masih paud atau TK ya. Pas anak. Udah SD sepertinya sudah terlewat dengan cara ini anakku udah nggak mempan. Sulit mengajari membaca

Reply
Dyah Kusuma February 18, 2023 - 1:29 am

penting membuat anak bisa membaca, tetapi lebih penting membuat anak suka membaca

Reply
Allamandawi February 18, 2023 - 2:09 am

Wow, ternyata ada ya metode ngajarin anak tanpa mengeja? Keren nih tips.y, moga bisa segera diterapin deh nantinya kalau udah punya anak

Reply
Juwita February 18, 2023 - 2:15 am

Anakku masih susah nih diajak kompromi belajar membaca..tips ini patut dicoba

Reply
Susi Yanti Nuraini February 18, 2023 - 3:19 am

Benar nih mba, mengajari anak membaca tanpa mengeja ternyata lebih natural, menyenangkan dan yang terpenting tidak membuat anak terfokus pada cara mengejanya sehingga menimbulkan beban pada anak, ya.
Dan, tips membacanya juga variatif yaa mba serasa bermain tapi belajar yang secara tidak langsung membangun kemampuan anak dalam membaca. Para Mom wajib coba, nih.

Reply
lendyagassi February 18, 2023 - 3:39 am

Anak zaman sekarang cepet banget memahami huruf, apalagi belajarnya sambil bermain. Dijamin membawa suasana yang berbeda dan membuat mereka mudah paham. Terasa sekali, ketika orangtua memahami karakter anak, maka komunikasi yang dijaliin pun bisa produktif.

Reply
sylvianayy February 19, 2023 - 11:10 am

jujur aku pernah punya momen ngajarin adek sepupu belajar baca tanpa mengeja dan susah banget karena si adek sepupuku ini termasuk yang telat baca di kelasnya. jadi dianya juga minder, tapi aku paksain tiap malam harus latihan baca 1 lembar buku sama aku. alhamdulillah sekarang sudah lumayan lancar. waktu itu aku cuma fokus ke latihan sebanyak-banyaknya untuk pembiasaan. ternyata metodenya banyak banget yang bisa diajarkan.

Reply
Rahmah February 20, 2023 - 3:27 pm

Sedang berupaya untuk anak kedua
Soalnya saya sedang mengasuh adiknya yang masih bayi
Jadinya dia belajar sendiri dan terasa waktuku kurang untuknya
Semoga ini bisa jadi langkah saya ke depannya

Reply

Leave a Comment