5 Cara Merawat Baterai HP

by admin admin
cara merawat baterai hp

Cara Merawat Baterai HP. HP yang baterainya awet bikin nyaman saat memakainya. Berbagai keperluan penting dan keseruan berselancar di smartphone menjadi lebih lancar. Apalagi bagi yang belum baru beli, cara merawat baterai HP baru dengan benar agar performanya selalu prima sangat penting untuk diketahui.

cara merawat baterai HP
Cara Merawat Baterai HP

Kamu bisa menerapkan cara menjaga kesehatan baterai HP baru. Walaupun memang beberapa sudah diingatkan saat kamu membeli HP tersebut di toko offline. Tapi ternyata tidak hanya cukup itu saja, di no 5 bahkan sering dilupakan atau belum diketahui sama sekali. Penasaran kan?

Ini Cara Merawat Baterai HP Baru dengan Benar, Jadi Gak Takut Boros!

Kamu harus merawat baterai HP barumu dengan benar. Jangan sampai melewatkan satupun di antara cara yang kami sarankan agar tidak boros, apa saja? Berikut saran kami:

1.      Jangan Gunakan HP saat Mengisi Daya

Cara menjaga kesehatan baterai HP baru agar tidak boros adalah tidak menggunakannya saat di charger. Ini akan membuat baterai HP menjadi mudah panas.

Bila baterai terlalu panas akan membuat performanya menurun. Pada akhirnya kapasitas baterai tampung baterai jadi berkurang. Hal ini karena kondisi buruk tersebut dapat berpotensi merusak sel sel baterai bila dilakukan berulang kali. Selain itu menggunakan baterai saat sedang diisi daya berbahaya bagi keselamatan, karena bisa meledak akibat hp mengalami panas.

2.      Charger Sebelum 20 Persen

Mendapatkan baterai HP yang tahan lama seperti saat pertama memakainya adalah dengan tidak memakainya sampai kosong total. Sebab HP yang dibiarkan mati total tanpa daya akan mengurangi usia baterai sehingga tidak tahan lama.

Nah, cara merawat baterai HP baru kalau sudah tersisa 20% segera dicas. Biarkan terisi dan jangan sampai sambil dimainkan sebab bisa menjadi masalah besar untuk kesehatan baterai. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda mengisi daya dengan cara mematikan hp anda.

3.      Simpan HP pada Tempat di Suhu yang Aman

Cara menjaga baterai HP agar tetap awet berikutnya adalah menjaga stabilitas suhu penyimpanannya. Hindarkan dari paparan suhu ekstrem yang sangat dingin atau terlalu panas.

Kapasitas energi pada baterai sangat dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya. Disarankan agar tidak sampai melebihi 35 derajat Celcius. Kamu bisa menyimpannya pada suhu 16 sampai 22 derajat Celcius. Jadi, pastikan tidak menyimpan HP di bawah bantal atau menaruhnya di dashboard mobil dan di tempat sauna. Termasuk jangan pernah menyimpan hp anda di dalam kantong atau saku pakaian anda. Karena radiasinya dapat berbahaya pada tubuh anda.

4.      Gunakan Charger HP Ori

Mendapatkan performa yang optimal tentu saja kamu perlu menerapkan cara merawat baterai HP baru dengan tidak sembarangan memakai charger. Sebab kalau kamu memakai jenis charger dengan spesifikasi yang tidak kompatibel sangat berpengaruh terhadap usia baterai.

Kalau kamu memaksa memakainya kemungkinan akan membuat baterai bocor. Bila ini terjadi maka kamu tidak lagi mendapatkan kapasitas daya baterai yang optimal, adanya jadi berkurang dibandingkan saat masih baru dipakai. Harga baterai ori memang sedikit lebih mahal. Akan tetapi dengan menggunakan baterai yang ori tentunya dapat menjaga HP anda lebih awet dan tahan lama.

5.      Hindari Isi Daya Sampai Penuh

Banyak orang tidak tahu cara mencharger baterai HP baru yang benar satu ini. Kebanyakan mengira kalau mengisi baterai sampai 100% itu cukup baik untuk kesehatan baterai. Tapi sayangnya tidak demikian.

Melansir dari CNN.com  baterai Lithium-ion, performanya dapat mencapai terbaik bila kapasitas hanya di antara 20  sampai 80 persen. Pasalnya bila sampai terisi penuh hanya akan membuat performanya tertekan.

Maka dari itu mulai sekarang hindari mengisi baterai hingga 100% ya! Apalagi dengan mengikuti cara ini menjaga voltase selalu rendah dan memperpanjang usianya.

Menurut kamu bagaimana cukup gampang bukan cara merawat baterai HP yang benar di atas? Jadi, sekarang kamu tidak perlu selalu ganti-ganti HP lagi untuk mendapatkan performa baterai yang optimal. Jagalah sedari baru telah menerapkan berbagai cara yang kami sarankan agar baterai HP baru anda awet.

You may also like

8 comments

Okti Li November 8, 2023 - 11:20 pm

Oalah, saya baru tahu kalau charge hp jangan sampai penuh full. Selama ini malah sebaliknya, nunggu sampai seratus persen gitu. Ternyata itu salah ya… Terimakasih nih informasinya

Reply
Dian Restu Agustina November 9, 2023 - 6:08 am

Dulu aku ngasal aja, ngecas sambil HP on,sampai tinggal beberapa persen ga di cas juga dllnya, huhuhu..Kini makin paham akutu cara merawat baterai HP tu kek mana, makasih reminder-nya:)

Reply
Cemil November 11, 2023 - 12:07 pm

Charger sebelum 20% itu buat sy agak sulit klo dalam perjalanan. hehe. Btw makasih tips nya cara merawat batre hp kak, jd reminder jg spy hp awet, batrenya hrs dirawat

Reply
Icha Marina Elliza November 11, 2023 - 10:36 pm

Duh kejadian kak, batere ku belum 2 tahun udah bikin hape rusak. Akun suka ngisi setelah tinggal 1 persen dan gak dicabut sebelum 100%.
Kupikir membuat 100% batere lah yang seharusnya terjadi. Aiiiish terimakasih infonya kak.

Reply
Muna Arifah Anshari November 13, 2023 - 5:36 pm

Ya Allah padahal udah tau teorinya tapi semua dilanggar,
Kalau lagi Mager dan penting kadang batere sampe 2 persen baru d charge dan itupun sembari di charge tetep dipake huhu
Padahal udah tau salah tp suka dikerjain lagi 🙈

Reply
Akarui Cha November 14, 2023 - 2:43 pm

O ooowww ternyata malah sebaiknya tuh baterai ponsel jangan diisi dayanya sampai penuh maksimal 100% persen yaaa. Huhuhu … makasih ya, aku beneran baru tahu.

Banyak banget kebiasaan yang sebenarnya bisa bikin baterai ponsel bocor ya. Mana ponsel sekarang tuh baterainya tertanam di bodinya, nggak kayak jamanku kecil yang baterai ponsel tuh bisa dicopot.

Reply
Silvana November 14, 2023 - 7:33 pm

Hal yang ngga terpokirkan, asal make hp terus aja. Padahal kalo baterai sudah drop juga pasti kelimpungan. Makasih share tipnsya ya Kak

Reply
Vivi November 15, 2023 - 1:25 am

Saya baru tau tuh yang poin nomer 5.
Saya sering juga isi penuh sampe 100 persen.
Ternyata ga baik ya…
Anak saya kadang suka numpang ngecas pake charger saya padahal merknya beda.
Saya tau sih itu ga baik, tapi charger dia lagi rusak, dengan berat hati saya biarin hiks

Reply

Leave a Comment