7 Tips Menurunkan Berat Badan Aman dan Cepat

by admin admin
tips menurunkan berat badan

Tips menurunkan berat badan tentu diperlukan oleh orang-orang yang mengalami kelebihan bobot tubuh atau obesitas. Saat ini obesitas dikategorikan sebagai penyakit atau tepatnya sumber berbagai penyakit berbahaya. Kondisi penumpukan lemak karena kadar kolesterol tinggi ini bisa mengakibatkan gangguan jantung, diabetes, kanker, hingga stroke.

tips menurunkan berat badan

Inilah Tips Menurunkan Berat Badan yang Efektif

Memiliki berat badan ideal tidak hanya berpengaruh terhadap produktivitas, tetapi juga kesehatan. Tubuh akan terasa lebih ringan dan bugar sehingga mampu menyelesaikan beragam pekerjaan dengan baik. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang efektif tanpa harus melakukan rangkaian diet ekstrem.

1.     Jangan Melewatkan Sarapan

Hindari kebiasaan melewatkan sarapan sebab bila Anda memulai hari tanpa asupan bernutrisi maka tubuh akan lemas akibat kurangnya energi. Dampaknya keinginan untuk makan di siang atau malam hari justru meningkat. Anda akan makan dalam porsi lebih besar. Pilih juga menu kaya protein seperti  telur, roti gandum, nasi merah, serta biji-bijian.

2.     Tidur Cukup

Kurang tidur merupakan salah satu penyebab naiknya bobot tubuh. Proses metabolisme menjadi lambat ketika waktu tidur Anda berkurang. Dengan demikian, tubuh akan menyimpan energi yang tak digunakan tadi dalam bentuk lemak.

Lama atau tidaknya waktu istirahat seseorang pun bisa memengaruhi hormon pengatur waktu makan yang disebut leptin serta ghrelin. Kadar Kedua neutransmitter ini dapat menjadi tidak seimbang ketika Anda mengalami kurang tidur. Dampaknya Anda pun akan merasa lapar dan selalu ingin makan ketika tengah malam.

3.     Perbanyak Konsumsi Serat

Tips menurunkan berat badan berikutnya ialah memperbanyak konsumsi serat seperti  buah serta sayuran. Tak bisa dimungkiri bahwa makanan berserat berpengaruh penting terhadap program penurunan bobot tubuh. Bahan makanan kaya serat membuat Anda Kenyang lebih lama. Beberapa contoh makanan mengandung serat tinggi antara lain, beragam buah, sayuran, kacang-kacangan, sereal gandum, dan sebagainya.

4.     Olahraga Teratur

Olahraga teratur amat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Aktivitas fisik ini pun dapat membantu Anda dalam program diet atau penurunan berat badan. Minimal lima belas menit sehari, Anda bisa memilih jenis olahraga sesuai kemampuan tubuh.

Hindari memaksakan diri melakukan olahraga berat supaya tidak stres atau membuat kadar gula darah tidak stabil. Lakukan olahraga yang anda sukai dan menyenangkan, serta tidak terlalu berat. Apalagi jika anda pemula melakukan olahraga maka lakukan olahraga yang ringan saja. Misalnya jogging di sekitar rumah.

5.     Penuhi Asupan Air Putih

Penting pula bagi Anda untuk memenuhi asupan air putih setiap harinya. Seperti kita ketahui bahwa tubuh manusia terdiri atas 60% air. Jika konsumsi air cukup maka metabolisme dan proses pembakaran lemak tubuh pun akan berjalan dengan baik. Minumlah air sesuai dengan kebutuhan tubuh anda. Jangan kurang dan jangan juga berlebihan. Biasanya kebutuhan air untuk tubuh sekitar 8 gelas per hari dengan ukuran 230 ml. Selain itu konsumsi juga buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung air.

6.     Makan Porsi Kecil

Cara lain guna mengurangi bobot tubuh ialah makan dengan porsi kecil. Cara sederhana yang dapat Anda coba yaitu menggunakan wadah makan berukuran kecil sehingga dapat mengontrol porsi makan Anda seperti yang dilakukan orang-orang Jepang. Anda dapat makan 5-6 kali dalam porsi kecil atau tetap makan tiga kali sehari dengan diselingi 2-3 makanan ringan. Buat juga jadwal makan anda setiap harinya, sehingga pola makan anda akan lebih teratur.

7.     Hindari Makanan Mengandung Gula

Hindari berbagai jenis makanan yang mengandung gula maupun karbohidrat olahan seperti mie, pasta, hingga roti. Makanan jenis ini cenderung gampang dicerna dan diubah jadi glukosa dengan cepat. Akan tetapi, berakibat buruk bagi tubuh yaitu kemungkinan terjadinya kelebihan glukosa. Hal ini mampu memicu hormon insulin sehingga penyimpanan lemak pada jaringan adiposa meningkat. Dampaknya berat badan juga ikut naik.

Anda bisa mencoba beberapa tips menurunkan berat badan seperti di atas. Bukan hanya tubuh ideal, turunnya berat badan pun berpengaruh terhadap produktivitas kerja serta kesehatan seseorang.

Sumber Referensi:

https://hellosehat.com/nutrisi/berat-badan-turun/cara-menurunkan-berat-badan/
https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-cara-menurunkan-berat-badan-dengan-cepat

You may also like

11 comments

Tika February 6, 2023 - 7:51 am

Mungkin bisa ditambahkan defisit kalori ya kak, kalau di aku ngefek banget sih, biasanya seminggu udah kelihatan hasilnya meskipun sedikit demi sedikit. Tapi kalau BB ku turun yg protes malah dokter, katanya aku disuruh banyak makan biar gak lemes hahaha, gak ngerti apa pak dokter ini kalo cewek kan pingin langsing

Reply
niksukacita February 7, 2023 - 9:50 am

Paling susah tuh poin 1 karena paling males sarapan ha ha ha ha

Reply
Mugniar February 7, 2023 - 1:54 pm

Semua langkah di atas jika diterapkan dengan baik, aman buat yang mau turun BB dengan cepat dan aman …. tinggal apakah disiplin dan konsisten atau tidak ya.

Reply
fanny_dcatqueen February 8, 2023 - 1:31 pm

Banyak memang macam2 diet. Sebenernya tingal pilih yg sesuai dengan kita, tapi harus rutin dilakuin. Jgn angot2an ­čśä.

Aku sendiri jalanin intermitten fasting 16 jam mba. Jadi aku mulai makan jam 11 siang, sampe Trakhir jam 7 malam. Setelah itu ga makan lagi, kecuali minum air putih aja yg banyak, aku bisa 3 liter sehari. Atau buah kalo laper banget.

Olahraga aku 4x dalam seminggu. Selang seling, cukup 1 jam tapi harus ada olahraga beban 30-40 menit. Sisanya cardio.

So far berat badan stabil di 49. Sebenernya masih underweight, tapi aku ngerasa cukup, Krn tinggi badan yang cuma 154, jadi kalo lebih dari itu malah kliatan gemuk ntr ­čĄú

Ada beberapa temen yg nanya, kalo misalnya malam ga sengaja makan gimana, mungkin Krn ada acara atau yg lain. Ya berarti aku tinggal tambahin 16 jam puasa ke depan, kapan waktu mulai makan lagi.

Reply
Tukang Jalan Jajan February 8, 2023 - 2:13 pm

kalau konsisten melakukan olahraga dan menjauhi pantangan yang sudah ada pasti berat badan bisa turun dengan baik. Cuman terkadang dengan banyaknya godaan membuat kita jadi goyah dan kesulitan buat menurunkan berat badan dong

Reply
Ariefpokto´╗┐ February 8, 2023 - 11:07 pm

Satu lagi mau nambahin ya Mbak, soal porsi kecil. Temenku pernah kalau mau makan dia pakai piring dan sendok kecil. Jadi konsisten tiap makan gitu. Automatic porsinya kecil dan males nambah karena effort nya besar

Reply
Dawiah February 9, 2023 - 12:05 am

Membaca tips ini membuatku manggut-manggut. Pantas berat badanku tidak turun-turun hampir semua tips ini tidak kulakukan. Olah raga teratur sudah lama tidak kulakukan, heuu

Reply
Ivayana February 9, 2023 - 1:06 am

Ternyata makan porsi kecil tuh bisa menurunkan berat badan ya, aku slama ini sempet khawatir makin gendut krna klo makan bisanya dikit tpi sering. Mungkin yg perlu dibenahi makan cemilannya yg rendah gula yaa. Makasih infonya

Reply
Kuliner Asyik February 9, 2023 - 1:26 am

Wah sarapan malah mengurangi BB ya? Noted kak.. Yg begitu syulit tuk sy itu poin tidur cukup & olahraga haha..

Reply
lendyagassi February 9, 2023 - 8:45 am

Jadi kalau melewatkan sarapan ini justru gak boleh ya..
Kudu tetap makan dengan porsi yang disesuaikan dan asupan gizi yang dibutuhkan semua terpenuhi.

Reply
Mas Maol February 27, 2023 - 9:55 am

Tipsnya mantep kak terima kasih

Reply

Leave a Comment