6 Cara Mengatasi Motor Boros Bensin

Daftar Isi

Penggunaan bahan bakar pada motor yang dikendarai setiap hari tentu dapat mengakibatkan banyaknya pengeluaran harian. Cara mengatasi motor boros bensin bisa dilakukan setelah mengetahui penyebabnya.

Banyaknya kebutuhan bensin tidak hanya ditentukan oleh cc atau kapasitas mesin, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa hal. Dengan mengetahui penyebab kendaraan boros bensin Anda mudah mengatasi dengan cara menghindari penyebab tersebut.

Sumber Dok: https://saka.web.id/5-tips-hemat-bbm-dengan-eco-riding/

Tips agar Motor Hemat Bensin

Kebiasaan berkendara berdampak banyak terhadap kendaraan dan penggunaan bahan bakar. Hal ini berkaitan dengan tenaga yang dibutuhkan oleh motor untuk menjalankan mesin kendaraan tersebut. Begitu juga dengan tekanan ban yang menyebabkan lebih banyak permukaan yang bersentuhan dengan tanah.

Untuk menjaga agar kendaraan tetap stabil melaju dalam berbagai kondisi, motor membutuhkan lebih banyak daya yang berasal dari pembakaran bensin. Cara mengatasi motor boros bensin diantaranya adalah:

1. Mengubah cara berkendara

Jika selama ini Anda mengendarai motor secara ugal-ugalan, seperti menarik gas atau menekan rem secara mendadak, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Berkendara secara ugal-ugalan memaksa mesin untuk menghasilkan lebih banyak tenaga yang dipenuhi dengan meningkatkan pembakaran bensin.

2. Perawatan mesin secara berkala

Konsumsi bensin berkaitan dengan performa mesin. Agar mesin kendaraan bisa bekerja dengan normal sebaiknya melakukan perawatan secara berkala. Apabila menemukan kerusakan spare part sebaiknya langsung menggantinya karena jika dibiarkan akan memaksa mesin bekerja secara ekstra yang membutuhkan lebih banyak bensin.

3. Jaga tekanan ban

Cara mengatasi motor boros bensin berikutnya adalah dengan menjaga tekanan ban. Selanjutnya Anda perlu mengecek dan memastikan tekanan ban dalam kondisi standar. Selain berbahaya bagi keselamatan pengendara, tekanan ban yang rendah dari seharusnya menyebabkan mesin harus menyediakan tenaga ekstra untuk menjaga kendaraan agar dapat berjalan dengan stabil.

4. Pastikan sistem pembakaran lancar

Sistem pembakaran sering kali mengalami gangguan karena banyaknya kotoran yang tertinggal. Agar mesin dapat bekerja dengan baik, pastikan tidak ada kotoran yang menyumbat. Anda bisa melakukan perawatan dengan menyemprot bagian injector.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek regulator dan memastikan bagian ini dalam keadaan bersih. Jika tidak memungkinkan untuk mengecek dan membersihkan sendiri, bawa kendaraan ke bengkel yang mempunyai teknisi berpengalaman.

Dari suara mesin biasanya teknisi dapat mengetahui gangguan yang terjadi, termasuk penyebab motor boros bensin.

5. Jangan mengangkut barang berlebihan

Mengangkut barang melebihi kapasitas motor tidak hanya menyebabkan bodi motor cepat rusak dan menjadikan sparepart mudah aus, tetapi juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jadi tidak mengangkut barang berlebihan menjadi salah satu cara mengatasi motor boros bensin.

Pada saat mengangkut barang dalam kapasitas besar, kendaraan dipaksa untuk menghasilkan energi lebih banyak. Ini yang menyebabkan mesin bekerja dengan ekstra dan membutuhkan lebih banyak bensin.

6. Menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik

Cara mengatasi motor boros bensin berikutnya adalah menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrik. Pabrik motor biasanya sudah memberi rekomendasi jenis bensin yang sesuai untuk motor tersebut. Rekomendasi tersebut dengan mempertimbangkan kebutuhan mesin agar dapat bekerja dengan maksimal.

Bensin dengan oktan tinggi lebih berkualitas, karena itu bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan bakar ini juga menghasilkan endapan yang lebih rendah sehingga semua komponen tidak cepat kotor dan tersumbat.

Cara mengendarai motor yang benar akan meningkatkan keamanan selama berkendara. Di samping itu motor juga lebih awet karena tidak ada sparepart yang dipaksa bekerja melebihi kapasitas. Selain itu penggunaan bahan bakar juga bisa lebih efisien. Mengendarai motor dengan eco-riding juga menjadi salah satu cara mengatasi motor boros bensin.

Poin di atas bisa menjadi cara mengatasi motor boros bensin yang efektif. Bukan hanya lebih hemat, kendaraan tidak mudah rusak dan meningkatkan keamanan selama berkendara.

Sumber:

https://www.suzuki.co.id/tips-trik/cara-mengatasi-masalah-bensin-boros-pada-motor?pages=all

https://www.kilat.com/otomotif/pr-8445662424/penyebab-motor-boros-bensin-dan-7-cara-mudah-mengatasinya

https://www.sukabumiupdate.com/motor/127223/7-cara-mengatasi-motor-yang-boros-bensin-salah-satunya-ubah-gaya-berkendara

Related posts

Panduan Membeli Mobil Toyota Vios Bekas Yang Aman, Agar Tidak Tertipu

5 Alasan Servis Motor Harus Rutin

5 Tips Hemat BBM dengan Eco Riding

27 comments

Titi May 13, 2024 - 3:03 am
Ternyata bawa beban berat pengaruh buat mesin motor. Nah kalau yang naik kebetulan badannya lebar gimana? 🤭
Hendra Suhendra May 13, 2024 - 11:51 am
Makasih tipsnya ya. Jadi tau trik bagaimana mengatasi motor boros bensin. Kalo saya sih nggak pernah ugal-ugalan, bawa motor enakan slow, sambil menikmati perjalanan, hehehehe... Paling faktor-faktor lainnya aja yang perlu diperhatikan lagi. Very nice infooo
Diaz Bela May 14, 2024 - 1:35 am
Wah bener banget.. berari harus rajin servis juga ya, kadang suka ke skip juga nih yang part ini!
Hani May 14, 2024 - 2:14 am
Nah ini nih...Aku suka lihat loh orang naik motor sambil angkut barang berat dan besar. Kebayang kan... Selain bikin kagok pengendara lain di jalan raya, ternyata juga bikin boros bensin deh...
Rumah Ibuk May 14, 2024 - 2:21 am
Beban mempengaruhi konsumsi bahan bakar ini saya baru tau informasinya. Sangat berguna sekali ini informasinga
Alfida Husna May 14, 2024 - 3:37 am
Ngebut apalagi sampai ugal-ugalan selain bikin bahaya juga bikin boros bensin ya. Selalu rutin untuk melakukan perawatan dan menggunakan bahan bakar sesuai rekomendasi pabrik. Biar lebih hemat.
Wiwin Pratiwanggini May 14, 2024 - 8:36 am
Saya paling cerewet di rumah kalau soal kendaraan bermotor. Meskipun saya tidak bisa mengendarainya sendiri. Karena itu saya selalu wanti-wanti ke suami dan anak untuk memperhatikan hal-hal di atas agar motor tidak boros bensin.
Fenni Bungsu May 14, 2024 - 9:06 am
Bener juga, kelebihan berat pada motor bisa membebani kinerja mesin. Maka kalau berkendaraan dengan motor kudu dipikirkan mau bawa apa aja ya, biar gak memberatkan motor
Anggita May 14, 2024 - 9:32 am
Baru tahu istilah eco reading nih. Biasanya paling hemat bahan bakar aja dengan membiasakan jalan kaki untuk ke tempat yang nggak terlalu jauh
Bambang Irwanto May 14, 2024 - 9:57 am
Motor saya sesekali membawa beban banyak. Dan memang terasa sekali bensin cepat habis, padahal baru isi. Terus itu tekanan ban memang harus saya perhatikan juga.
Lintang May 14, 2024 - 11:50 am
Weehh emang sebel deh kalo motor boros bensin. Ternyata mengendarai ugal2an ya bisa mempenharuhi yaaa. Tapi emang lho konsumsi bensin juga berkaitan dengan performanya. Dan tentu aja jangan lupa rutin servis untuk meningkatkan performa mesin juga.
Kyndaerim May 14, 2024 - 1:04 pm
Waktu mudik kemaren, jujur bawa barang mayan berat, belom bobot penumpangnya, wkwk.. Ternyata ngaruh ya sama bensin yg jadinya cepat abis. Keknya juga bakal slow aja deh kalo bawa motor, atau kalo kemana² ya lebih awal aja biar nggak buru² ngebut, hehe..
Yuni Bint Saniro May 14, 2024 - 1:22 pm
Eh. Perkara tekanan ban bisa bikin boros bensin ya. Tapi, kalau tekanan bannya kurang tuh bikin nggak nyaman pas berkendara sih.
Aldhi Fajar May 14, 2024 - 1:37 pm
Salah satu rahasia agar motor tetap dalam performa terbaiknya dan irit adalah service rutin ke bengkel. Ini sangat berpengaruh karena berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar
Monica Anggen May 14, 2024 - 2:02 pm
Poin 5 selalu jadi salah satu bahasan Pewe klo pas bahas borosnya bahan bakar motor. Katanya beban berat yang dibonceng bikin boros bensin :(( But yes, perawatan mesin motor dan tekanan angin di ban jadi dua faktor penting yang wajib diperhatikan ya, nggak cuma buat hemat bahan bakar, tp juga untuk memperpanjang usia mesin dan performa motor secara keseluruhan
Didik May 14, 2024 - 2:29 pm
Sepakat sih kak. Biasanya kita kurang sadar kalo ban kempes tapi tetap dinaikin tuh bisa bikin boros BBM. Bgm tdk, kan gesekan mkn besar. Otomatis tenaga utk menjalankan motor kan mkn besar. Imbasnya, ya BBM mkn keluar lbh bnyk.
Jihan May 14, 2024 - 2:47 pm
Ohhh jadi tekanan ban pun juga punya dampak yang harusnya dipertimbangkan yaa kak kalo mau penggunaan bensin ngga boros. Kupikir karena faktor mesinnya ajaaa
Akarui Cha May 14, 2024 - 3:08 pm
Ternyata kalau barang yang diangkut di motor itu berlebihan, juga bisa bikin si motor jadii boros bensin ya. Baru eungeuh, maklum aku awam. Hmm ... cara berkendara yang tenang dan kalem di jalan juga malah ngasih pengaruh baik biar tetap bisa hemat bensin ya.
Okti Li May 14, 2024 - 3:14 pm
Kalau sering melakukan servis, meski akan selalu terjaga dan kalaupun ada kerusakan bisa segera terdeteksi dan segera dicari solusinya Karena itu oli juga awet karena emang kendaraan nya sehat
Nurul Fitri Fatkhani May 14, 2024 - 3:36 pm
Pak suami kemarin ini juga ngajarin anak laki-laki saya untuk menghemat bahan bakar motornya. Dan salah satu caranya memang dengan mengendarai motor dengan tidak terlalu cepat atau terlalu pelan.
Wahyuindah May 14, 2024 - 5:51 pm
Ooo jadi kalau kebanyakan bawa barang itu juga bisa bikin boros bensin ya. Baru tau aku. Terus gimana nasib ibu ibu yang dari pasar dong yg bawaanya bejibun. Jadi mikir lagi kan sekarang
Irra May 14, 2024 - 6:23 pm
Wah jadi belajar banyak nih tentang cara bawa motor yang baik biar gak boros bensin. Beban motor juga harus diperhatikan ya dan itu menjadi salah satu penyebab motor boros bensin.
Lendyagassi May 14, 2024 - 8:46 pm
Ya Allaaah.. ini cara berkendaraku banget. Ugal-ugalan di jalanan apalagi kalau tau bakalan telat kuliah, zaman duluuu... Tapi sekarang lebih kalem, in syaa Allah dan ternyata berefek pada mesin serta pemakaian BBM yaa..
Eka Fitriani larasati May 14, 2024 - 9:29 pm
bener banget sih, kalo gak pengen boros yang harus rajin di service dan perhatikan tekanan ban, juga pakai jenis bensin yang sesuai motornya
Allaely Hardhiani May 14, 2024 - 9:42 pm
Ternyata sering ngebut bisa bikin boros ya krena bolak-balik ngerem. Bisa nih nanti dipraktikkan tipsnya.
Sarieffe May 15, 2024 - 2:11 am
Setuju mba, kadang tuh kalau motor dipinjam terus ngegasnya digeber-geber gitu rasanya gak rela. Soalnya bikin boros bensin juga sih
Siti Mustiani May 18, 2024 - 4:24 pm
Jujur aku tidak terlalu paham soal otomotif, tapi untunglah bisa mampir di artikel ini, sedikit banyak jadi tahu informasi tentang mengatasi biar hemat kalau motoran hehehe.
Add Comment