5 Tips Inspirasi Rumah Mungil Agar Terasa Lega

5 Tips inspirasi rumah mungil agar terasa lega. Rumah mungil saat ini memang sedang trend. Alasannya karena harga tanah saat ini memang tergolong cukup tinggi. Tidak heran jika banyak pasangan yang belum punya rumah mencari inspirasi rumah mungil.

Source: Canva

Memiliki rumah mungil banyak keuntungannya lho, sepertilebih simpel dalam mengurusnya dan tidak menghabiskan banyak waktu membersihkannya. Selain itu, rumah mungil juga murah perawatannya.

Jika Anda dan keluarga memutuskan untuk membangun rumah mungil, maka ada beberapa inspirasi rumah mungil yang harus anda perhatikan agar rumah tersebut tetap berfungsi dengan maksimal.

Tips Inspirasi Rumah Mungil yang Fungsional

Memiliki rumah mungil bukan berarti rumah Anda tidak dapat menampung berbagai fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah rumah. Memang diperlukan sedikit kreatifitas agar rumah mungil yang anda miliki dapat berfungsi secara optimal.

1.      Furniture Multifungsi

Saat ini cukup banyak furniture yang didesain khusus multifungsi. Contohnya adalah sofa yang juga berfungsi sebagai tempat tidur. Tempat tidur tingkat yang di bawahnya dapat dijadikan ruang bermain maupun ruang kerja. Lemari yang dapat menyimpan papan setrika lipat dari lacinya. Papan setrika hanya dikeluarkan saat dipakai sehingga menghemat tempat.

Memang harga furniture seperti ini tergolong cukup mahal namun bila dilihat dari fungsinya yang sangat besar, tentu cukup terbayar harga yang dikeluarkan dengan manfaat yang dihasilkan.

2.      Menyatukan Ruang-Ruang

Cara berikutnya adalah dengan menyatukan beberapa ruang. Contohnya, ruang keluarga disatukan dengan dapur dan ruang bermain anak. Semakin sedikit sekat di dalam rumah mungil, maka rumah akan terasa semakin luas. Kesan kecil tidak akan terlihat sama sekali.

3.      Teras Sebagai Ruang Tamu

Teras yang dijadikan sebagai ruang tamu adalah salah satu win-win solution. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena ruangan dalam rumah yang tadinya diperuntukan untuk ruang tamu, dapat difungsikan sebagai ruang lainnya.

4.      Tingkat Ke Atas

Tips berikutnya agar rumah mungil dapat memuat banyak anggota keluarga adalah dengan menggunakan interior rumah mungil 2 lantai. Sehingga membeli tanah kecil pun tidak masalah karena pemilik rumah akan memperbesarnya ke atas. Perlu diperhatikan bila ada anggota keluarga yang lansia, maka sediakan segala kebutuhannya di lantai 1 agar mudah beraktifitas.

5.      Rumah Tumbuh

Pernah mendengar istilah rumah tumbuh? Jika belum, maka berikutnya adalah dengan rumah tumbuh. Maksudnya adalah bangun rumah sesuai dengan budget saat ini. Namun pondasi untuk ruang lainnya yang mungkin dibutuhkan telah disiapkan saat membangun rumah.

Contohnya, Anda berencana memiliki 4 kamar. Namun, karena saat ini budget hanya cukup untuk membuat dua kamar, maka saat membangun rumah telah disediakan pondasi untuk dua kamar berikutnya. Sehingga saat ada budget tambahan nanti, akan memudahkan saat renovasi interior rumah mungil dan tidak perlu membongkar ruang lain.

Jika Anda memang menginginkan rumah mungil, maka akan sangat baik jika anda mengikuti beberapa tips di atas. Tidak perlu khawatir rumah Anda tidak terlihat bagus karena rumah mungil pun dapat terlihat sangat cantik dan multifungsi, jika memperhatikan detail-detail penting yang dibutuhkan oleh rumah mungil.

Bahkan saat ini, banyak  inspirasi rumah mungil yang meletakkan taman mini dalam rumah. Hal ini bukannya tidak mungkin. Anda hanya perlu lebih rajin dan tekun pandai mencari inspirasi dari berbagai sumber. Termasuk dalam mencari inspirasi dan mencari ide kamar mandi cantik dan menarik. Atau ruang tamu dan ruang makan yang menarik. Termasuk dalam pemilihan perlengkapan dan interior rumah.

Dalam inspirasi rumah mungil ini juga anda wajib mempertimbangkan apa yang ada di luar rumah anda. Misalkan pengadaan taman belakang, halaman depan rumah, pengadaan kolam mini, bahkan sampai dengan penataan pencahayaan di dalma dan di luar rumah. Wajib sekali anda perhatikan. Karena pemilihan yang tepat akan membuat rumah mungil anda semakin cantik dan menarik. Bahkan mungkin dengan pemilihan interior yang tepat akan membuat rumah terasa lebih lega.

Jangan lupa menghubungi designer, sehingga apa yang Anda butuhkan dapat terealisasi dengan bantuannya. Selamat membangun rumah mungil yang fungsional, namun tetap terlihat luas dan terasa lega.

Referensi:

  1. https://www.dekoruma.com/artikel/37246/desain-interior-rumah-mungil-hemat-budget
  2. https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-89777-interior-rumah-mungil-id.html
  3. https://berita.99.co/desain-interior-rumah-kecil/

Related posts

10 Inspirasi Dekorasi Ramadhan Dengan Hiasan Simpel

10 Peralatan Rumah Tangga Untuk Hunian Baru

10 Tip Memilih Rumah Impian

8 comments

Laily Fitriani February 10, 2023 - 9:02 am
Wow, bikin rumah mungil makin terasa nyaman ya Mbak?Ruma saya kategori rumah yang tumbuh, akan tumbuh sesuai budget soalnya.
Alia Arifin February 11, 2023 - 5:42 am
Rumah mungil menurut aku lebih efisien, apalagi kalau terapin tips di atas jadi rumah enggak terasa sempit ya, mbak :)
diary Novri February 11, 2023 - 4:11 am
wah baru dengar istilah rumah tumbuh.. bisa diaplikasikan nih, tp minimal harus konsul juga ke ahlinya ya mba, harus didesain sedemikian rupa supaya ketika mengubah / menambah ruangan tidak tumpang tindih atau banyak bongkar-bongkar
Diah Alsa February 11, 2023 - 2:35 pm
saya banget nih Mbak, di rumah gak ada sekat, jadi ruang tengah/keluarga itu nyatu aja dengan ruang makan, dekatan dengan dapur juga :) lagi trend ya sekarang tuh teras yang menyatu dengan ruang tamu, unik juga dan terlihat luas dong tentunya ya.
Hastinpratiwi.com February 12, 2023 - 1:26 pm
Rumah saya termasuk rumah mungil karena keluarga inti dari dulu cuma maksimal 4 orang. Itu aja kalau bersihin lumayan lelah, sih, apalagi rumah yang lebih luas lagi, hehehee...
Dyah KS February 12, 2023 - 1:27 pm
Tips menarik nih. Furniture dengan storage yang multifungsi bisa jadi bikin ruang tampak lebih lega yah
Allamandawi February 13, 2023 - 8:27 pm
Aku suka banget sama ruangan yng kurang sekat, serasa emang lebih lega jd bisa ngelakuin banyak hal tanpa pelu khawatir ruangan sempit. Aku jg suka design ala apartment gitu, mungil dan lega.
Anisah Widyastuti August 11, 2023 - 3:47 pm
Wah,sangat menginspirasi kak,aku sekarang masih ngontral,dan suka kesel.sama sofa peninggalan yang punya rumah,hehe,setelah lihat tulisan kakak,oke jadi ada ide buat ubah tempat sofanya lagi nih.
Add Comment