5 Tips Hemat BBM dengan Eco Riding

by admin admin
Tips Hemat BBM

Daftar Isi

Mengingat harga BBM semakin naik, maka anda wajib mengetahui tips hemat BBM agar pengeluaran tidak terus bertambah. Apalagi bahan bakar minyak atau BBM adalah kebutuhan utama bagi kendaraan bermotor. Namun hal tersebut bisa diatasi dengan cara tips hemat BBM dengan eco riding yang terbukti bisa memaksimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar pada motor.

Eco riding merupakan teknik berkendara dengan tujuan menghemat bahan bakar serta mengutamakan prinsip safety riding. Dalam teknik ini, pengendara wajib menguasai teknik berkendara yang aman demi keselamatan serta mampu berpikir jauh atas segala kemungkinan yang bisa terjadi.

Selain aspek keselamatan, eco riding juga punya kontribusi besar terhadap pengurangan emisi gas karbon. Mengingat bahwa kendaraan bermotor adalah penyumbang emisi karbon terbesar, eco riding bisa disebut sebagai solusi untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Tips Hemat BBM dengan Eco Riding

Melihat dari manfaatnya yang begitu besar, sudah seharusnya semua orang yang menggunakan motor tahu dan paham bagaimana cara menerapkan eco riding. Apalagi teknik tersebut bisa menjadi tips hemat BBM. Inilah beberapa cara menerapkan eco riding untuk menghemat bahan bakar.

1. Lakukan Akselerasi secara Perlahan

Teknik eco riding bisa dilakukan sejak awal memulai perjalanan. Sebaiknya, kecepatan berkendara ditambah secara bertahap dengan menginjak pedal gas secara perlahan. Akselerasi kecepatan yang terlalu tinggi dengan memutar gas secara tiba-tiba dan kasar hanya akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

2. Hindari Pengereman Mendadak

Sebagaimana harus menambah kecepatan secara bertahap, mengurangi kecepatan saat bermotor juga harus dilakukan dengan pelan. Maka, usahakan untuk tidak melakukan pengereman secara mendadak. Selain bisa lebih menghemat bahan bakar, teknik ini juga merupakan salah satu prinsip berkendara dengan aman dan selamat.

3. Berkendara dengan Kecepatan Konstan

Mengendarai motor dengan kecepatan yang tidak stabil dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar. Sejumlah tes menunjukkan bahwa kecepatan tidak stabil antara 75-85 km per jam selama 18 detik akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 20 persen. Oleh karena itu, pastikan kecepatan berkendara tetap konstan.

4. Rencanakan Rute Perjalanan

Berkendara sebaiknya dilakukan dengan perencanaan rute yang matang. Hal itu bertujuan agar dapat memangkas waktu berkendara sekaligus jadi tips hemat BBM. Dengan rute yang terencana, pengendara motor akan terhindar dari kemacetan dan kemungkinan rem mendadak yang dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Namun anda juga wajib memperhatikan mengenai rute perjalanan yang tetap aman dan nyaman.

5. Servis Motor Rutin

Melakukan servis motor secara berkala tidak hanya berguna untuk menjaga performa motor, tapi juga bisa menghemat BBM. Kinerja mesin motor yang tetap terjaga akan membuat proses pembakaran BBM jadi lebih sempurna.

Maka buat jadwal servis motor secara rutin atau berkala, sehingga akan membuat kendaraan anda terasa nyaman saat digunakan dan juga aman pastinya. Salah satu servis yang harus rutin dilakukan adalah ganti oli, misalnya ganti oli gardan motor matic jika anda menggunakan motor matic.

Dengan menerapkan teknik eco riding sebagai tips hemat BBM, manfaat yang dirasakan tidak hanya pada pengeluaran uang untuk membeli bahan bakar. Anda juga bisa merasakan pengalaman berkendara yang lebih aman untuk keselamatan diri maupun pengendara lain hingga menjaga kesehatan lingkungan.

Referensi:

https://www.motorkux.id/article/d/tips-hemat-eco-riding

https://otomotif.katadata.co.id/mobil/simak-8-tips-berkendara-irit-bbm-alias-eco-driving-3777

You may also like

14 comments

Vicky Cahyagi May 14, 2024 - 6:48 am

Terima kasih ilmunya. Saya pernah membaca safety riding dan kini eco riding. Tentunya berkaitan dengan perawatan berkala juga

Reply
Calvin May 15, 2024 - 2:11 am

singkat, jelas, bermanfaat. saya dapat 2 hal dari membaca konten ini. pertama, berkendara dengan aman, jangan ngebut, jangan mainin gas motor. kedua, melakukan yang pertama selain peluang selamat saat berkendara lebih besar, bisa hemat bbm pula. mantap, thumbs up!

Reply
Mutia Karamoy May 15, 2024 - 8:34 am

Nah iya, servis motor secara rutin bisa menjadi solusi agar kendaraan tahan lama, terkadang karena lupa atau malas, kendaraan baru diservis setelah mengalami masalah, akibatnya selain biaya yang dikeluarkan lebih besar juga banyak menimbulkan masalah baru dikemudian hari serta memperpendek usia kendaraan.

Reply
Wahyu Suwarsi May 16, 2024 - 5:29 am

Wah ternyata nengendarai motor ada ilmunya juga to. Baru tau saya setelah baca artikel ini. Dengan eco riding bisa menghemat BBM. Srlama ini kalau naik motor ya asal tancap gas aja tanpa memoerhatikah hal-hal tersebut. Tetima kasih sharingnya kak.

Reply
Ang Tek Khun May 16, 2024 - 9:51 am

Informasi bagus nih, sebab jarang-jarang pengemudi memerhatikan hal ini. Masih banyak yang main gasrem-gasrem, terus menggerutu bahwa kendaraannya boros. Makin sip sebab pertalite menjelang dihapus..

Reply
Phaiyw May 16, 2024 - 10:24 am

Kalau menerapkan eco riding dengan benar bisa menghemat BBM ya. Sepertinya aku harus menerapkan teknik ini, tapi yang agak sulit tuh jecepatan konstan kayaknya haha..apalagi kalau lagi buru-buru gitu.

Reply
Andri Marza Akhda May 16, 2024 - 1:23 pm

Tips yang bagus, dan untuk yang nomor 3 memang benar adanya. Orang-orang yang mengemudikan motornya dengan metode nge gas nge gas, akan cepat habis. Dulu waktu SMK pernah coba-coba seperti ini.

Reply
Andri From Creativism May 16, 2024 - 1:49 pm

Service motor rutin itu perlu banget. Setidaknya 2 bulan sekali, motor harus diservice. Itu bisa membuat proses pembakarannya lebih stabil.

Reply
Novita Nurul Islami May 16, 2024 - 7:54 pm

Aku tiap hari berusaha menerapkan semua point eco riding, kecuali kalau lagi terlambat atau kesiangan berangkat kerja…wkwkwk, auto gas rem gas rem gak karuan. Udah lupa mau hemat bbm, yang ada dipikiran gmn caranya gak terlambat hahaha

Reply
Monica Rasmona May 17, 2024 - 2:05 pm

Terima kasih tipsnya, Mbak. Pengendara motor wajib membiasakan berkendara dengan cara-cara sedehana yang disebutkan di atas. Bensin boros itu memang bikin senewen.

Reply
Alfia D. Masyitoh May 18, 2024 - 9:23 am

Kalo eco riding ini diterapkan ketika mengendarai mobil memang efeknya terasa sih di konsumsi BBM, terus juga penumpang rasanya lebih nyaman gitu pas teknik-teknik di atas dipakai. Kalo pas mengendarai motor, emm ini yang perlu belajar terutama di poin ‘jangan ngerem mendadak’ dan ‘kecepatan konstan’, jujur ini kayaknya susah kalo diterapkan ke nyetir motor, apa cuma aku aja? hehehe… Tapi tipsnya bagus kak, makasih sharingnya ya

Reply
Alfa Anisa May 25, 2024 - 10:11 am

oalah, pantesan motor matic di rumah kalau dipakai suami selalu aja cepet habis. Tiga hari harus udah isi lagi, tapi pas kupakai, selalu awet sampai semingguan. Mungkin karena suami sering ngebut nggak jelas ya, dan kecepatannya nggak konstan jadinya bikin bensin cepet habis. Makasih infonya

Reply
dea vita manda June 8, 2024 - 9:03 pm

wah saya baru tahu tentang eco riding ini, ternayata ada triknya ya
tidak haeran jika bbm cepat habis karena saya tipe yang melajukan motor tidak stabil dan rem mendadak hehe

Reply
Alfimanzila June 28, 2024 - 7:15 am

Aku tambahin mbak tipsnya….kalo tiba tiba di rumah pengen jajan martabak telur di depan komplek diusahain jalan kaki atau naik sepeds kayuh hehe….kan lumayan dibandinh pakai motor…lah cuma sana sini aja kok hehe

Reply

Leave a Comment